Kamis, 17 Januari 2013

Tips Sehat Saat Lembur / Begadang

Pekerjaan yang terlalu banyak dan deadline yang terlalu singkat kadang membuat orang harus bekerja lebih ekstra. Hal ini sering disiasati dengan menambah jam untuk bekerja, alias lembur.

Bekerja lembur / begadang hingga tengah malam seringkali membuat tubuh tidak fit dan gampang sakit. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar kondisi tubuh tetap bugar meski kurang tidur di malam hari?

Berikut ini adalah beberapa tips sehat untuk anda yang sering begadang / lembur kerja.

1. Tidur Siang yang Cukup
Saat merencanakan untuk bergadang pada malam hari, tidur siang yang cukup harus dimasukkan agenda hari sebelumnya. Masalahnya, hal itu tidak bisa dilakukan ketika sibuk dengan pekerjaan pada siang harinya.

2. Pilih Makanan Sehat
Supaya tidak merasa mengantuk saat bergadang, hindari makanan berat yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Pilih buah-buahan, sayur atau salad sebagai cemilan sehat.

Tidak hanya mencegah rasa kantuk, makanan tersebut menjamin kebutuhan energi sehingga tidak kelelahan saat tidak tidur semalaman. Sambal atau saus pedas boleh ditambahkan, sekedar untuk menghindari rasa kantuk.

3. Lakukan Olahraga Ringan
Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Olahraga membuat tubuh lebih terjaga, sehingga tidak merasa mengantuk. Jika masih mengantuk, push up 50 kali bisa membuat tubuh kembali bugar.

4. Minum Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi maupun minuman berenergi memang bukan solusi alami untuk membuat tubuh tetap terjaga, karena memanipulasi kerja sistem organ. Namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. Usahakan tidak sampai menyebabkan kecanduan, dan sebaiknya baru diminum ketika rasa kantuk benar-benar tidak tertahankan.

Itulah beberapa tips untuk anda yang sering begadang atau harus dituntut kerja lembur.
sumber: wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar